Air Terjun Tumpak Sewu – Objek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang ini, menyimpan banyak sekali keindahan alam. Wilayah ini memiliki 2 destinasi wisata utama, yakni Air Terjun dan Goa Tetes. Namun ada beberapa objek tambahan yang biasa dilewati ketika melakukan petualangan penuh di sekitar Tumpak Sewu. Yaitu antara lain, Panorama air terjun, bawah air terjun, tebing nirwana, telaga biru, goa tetes.

Air Terjun yang juga dikenal sebagai Air Terjun Coban Sewu atau Grojogan Sewu ini berada di aliran Sungai Glidih yang ada di kawasan Kecamatan Ampel Gading dan Kecamatan Pronojiwo. Sumber mata air bagi air terjun ini sangatlah banyak sehingga banyak warga setempat yang menyebut lokasi ini sebagai Air Terjun Tumpak Sewu.

Obyek wisata air terjun ini menjadi primadona dan ikon wisata tersendiri bagi kabupaten Lumajang. Walaupun objek wisata ini hampir di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Sehingga ada juga jalur akses masuk objek wisata ini lewat Malang yang biasa disebut air terjun Coban Sewu.

Jalur Petualangan di Tumpak Sewu

Jalur petualangan di tumpak sewu yang biasa kami lalui. Dari tempat parkir menuju panorama air terjun tumpak sewu, lalu dibawah air terjun, tebing nirwana, telaga biru, goa tetes, dan kembali ke tempat semula. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Panorama air terjun

Panorama Air Terjun Tumpak Sewu

Pertama kamu akan melihat pemandangan air terjun dari atas. Atau lebih dikenal dengan panorama air terjun. Dari sini air terjun akan tampak semuanya. Bahkan latar belakang Gunung Semeru akan tampak dari sini. Sebenarnya ke panorama saja sudah cukup mewakili sebagai tanda sudah sampai di tumpak sewu. Tapi akan lebih memberi sensasi yang luar biasa kalau bisa menyelesaikan semua objek wisata yang ditawarkan.

Air terjun bawah

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Jalan turun yang curam menuju air terjun

Selanjutnya perjalanan akan diteruskan menuju bawah air terjun. Jalanan yang curam harus dilewati. Untungnya ada bantuan tangga dari bambu dan tali tambang yang sangat membantu selama perjalanan. Sesampai di bawah air terjun kamu akan merasakan hembusan angin basah dari arah air terjun. Kamu bisa berdiri di atas batu sambil berfoto dengan latar belakang air terjun. Atau bisa juga berada di bawah air terjun dan rasakan sensasi kerasnya hempasan air yang jatuh dari atas.

Tebing Nirwana

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Kalau sudah puas berada di bawah air terjun. Perjalanan bisa dilanjutkan menuju Tebing Nirwana. Entah siapa yang memberi nama tebing nirwana. Tapi memang keindahan berada di bawah tebing ini luar biasa, bak berada di nirwana. Kamu bisa mandi tepat berada dibawah tebing dengan hempasan air yang melewati tebing. Rasanya memang wow, luar biasa.

Telaga Biru

Bersebelahan dengan tebing nirwana terdapat tempat yang bernama Telaga Biru. Disebut telaga biru karena sebagian air yang turun dari tebing nirwana berkumpul membentuk telaga yang berwarna biru. Airnya sangat segar dan sejuk untuk berendam. Bahkan untuk berenang pun bisa.

Goa Tetes

Perjalanan berikutnya menuju Goa Tetes. Perjalanan dari telaga biru menuju goa tetes cukup curam dan sangat menanjak. Tapi perjalanan yang melelahkan tidak terasa setelah sampai ditujuan. Kamu akan melihat goa yang berada di tebing. Dan dikelilingi dengan aliran air dari atas. Terbentuknya warna putih di atas goa, seolah-olah seperti payung. Dan beberapa tempat yang berubah menjadi putih batu setelah terlewati air. Hal ini karena air yang mengalir mengandung kapur dalam kadar yang tinggi. Sehinigga tananam ataupun benda yang terlewati ari berubah menjadi batu kapur.

Akses Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu kamu bisa melalui rute Kota Malang menuju Lumajang. Rute yang dilewati adalah Malang menuju Bululawang lalu Dampit kemudian Tirtomoyo lalu Pronojiwo dan sampai ke Lumajang. Setelah sampai di lokasi wisata ini, anda harus memarkirkan kendaraan anda pada sebuah gubuk penambang pasir. Perjalananmu harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 200 meter. Setelah itu anda akan sampai di lokasi air terjun ini. Akses ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Medan menuju ke lokasi wisata ini masih terbilang cukup sulit. Hal ini dikarenakan obyek wisata ini masih terbilang cukup baru dan belum diketahui banyak orang sehingga jalan menuju kesanapun belum teraspal dengan baik. Para wisatawan pun diimbau untuk berhati-hati karena lokasi wisata ini treknya masih cukup curam dan terjal.

Daya tarik utama berupa panorama yang indah memang akan memanjakan matamu saat pertama kali kamu berada di lokasi ini. Meskipun kamu sedang terkagum-kagum dengan keindahan obyek wisata ini kamu harus tetap menjaga keselamatanmu dan orang-orang yang datang kesana bersama denganmu. Terlebih saat cuaca sedang mendung atau gerimis, karena lokasi ini akan menjadi sangat licin.

Bagi kamu yang punya rencana ke Air Terjun Tumpak sewu. kami sarankan untuk menginap di hotel dekat Kota Malang atau Kota Lumajang sebelum melakukan perjalanan ke lokasi air terjun, karena dekat objek wisata tidak terdapat hotel, alternatif lain bisa juga menginap dirumah penduduk atau homestay dekat air terjun.