Wisata Jawa Timur

Eksplorasi Destinasi Wisata Jawa Timur

Baluran, Afrika Kecil di Jawa Timur

Baluran – pernahkah kamu melihat adegan rusa berlarian di sebuah padang rumput yang begitu luas dan hanya ada beberapa pohon tinggi yang letaknya jarang-jarang? Ya, biasanya adegan seperti itu ada di sebuah film yang ber-setting di daerah Afrika.
Siapa sangka, ternyata di Indonesia—tepatnya Jawa Timur—kamu juga bisa memiliki pengalaman serupa?

Wisata Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran, atau sering disebut dengan nama Baluran, adalah salah satu dari sekian Taman Nasional yang ada di Indonesia, terletak di daerah Banyuputih, Situbondo, dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Baluran, sensasi berwisata di alam terbuka

Nama Taman Nasional ini sendiri ternyata diambil dari nama sebuah gunung yang terletak masih di dekatnya, yaitu Gunung Baluran. Taman Nasional ini memiliki berbagai macam tipe vegetasi. Mulai dari padang rumput, hutan bakau, hutan musim, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, serta hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Tempat ini kian hari kian menjadi primadona dari tempat wisata di Banyuwangi, selain Watudodol, Pulau Menjangan dan Kawah Ijen. Terlebih setelah salah satu penyanyi wanita Indonesia yang populer dengan judul lagu Serba Salah menjadikan Taman Nasional ini sebagai latar di salah satu video klipnya yang berjudul Jatuh Hati.

Saat ini dalam sehari Taman Nasional Baluran bisa dikunjungi sekitar 100 pengunjung perhari, dan bahkan melonjak 5 hingga 7 kali lipa saat akhir pekan. Bukan hanya satwa liar dan habitatnya saja yang ada di sekitar Taman Nasional Baluran. Tapi beberapa objek wisata seperti pantai dan hutan bakau di dekat pantai yang bisa kamu jelajahi juga. Kamu bisa terus mengikuti jalan dari pintu masuk terus, sampai nanti akan tiba di sebuah pantai, Pantai Bama.

Untuk harga tiket, di Taman Nasional Baluran bisa dibilang cukup terjangkau. Bagi wisatawan saat weekday domestik hanya perlu membayar Rp. 5,000,-/orang dan untuk kendaraan dikenai biaya Rp. 5,000,-/roda 2, dan Rp. 10,000,-/roda 4. Sedangkaan saat weekend sedikit berbeda, Rp. 7,500,- untuk wisatawan domestik dan kendaraan roda 2, Rp. 15,000,- untuk kendaraan roda 4.

Sedikit tips: Datanglah lebih pagi, kamu bisa melihat lebih banyak satwa liar yang sedang keluar untuk mencari makan saat belum banyak pengunjung yang datang di sana.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata Jawa Timur © 2017 Frontier Theme