Wisata Jawa Timur

Eksplorasi Destinasi Wisata Jawa Timur

Nasi Tumpang: Kuliner Khas Kota Kediri

Nasi Tumpang: Sajian Tradisional Khas Kota Kediri

Nasi Tumpang – Siapa yang belum pernah mendengar nama sajian kuliner yang satu ini? Bukan, ini bukan nasi yang dibentuk menggunakan cetakan kerucut, itu namanya nasi tumpeng. Kalau ini adalah sajian kuliner nasi khas Kota Kediri yang sangat terkenal di sana.

Nasi Tumpang

Nasi Tumpang sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, dan tetap menjadi primadona kuliner sampai sekarang. Sajian ini adalah berupa nasi yang diberi aneka lalapan atau sayur yang sudah direbus terlebih dahulu, yang selanjutnya disiram menggunakan sambal tumpang. Sebagai pelengkap, biasanya sajian ini dimakan bersamaan dengan rempeyek, baik itu rempeyek kacang, maupun rempeyek teri semuanya cocok untuk dimakan bersama nasi tradisional khas Kota Kediri ini.

Ketika disajikan, kuliner yang satu ini biasanya menggunakan pincuk, yaitu berupa daun pisang yang dibentuk menyerupai kerucut. Kebanyakan orang akan keliru membedakan antara nasi tumpang dan nasi pecel. Yang menjadi perbedaan utama di keduanya adalah penggunaan sambal yang berbeda.

Sambal tumpang sendiri terbuat dari tempe yang telah dibusukkan atau yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan nama tempe bosok yang kemudian dimasak dengan dicampur bumbu seperti cabai, bawang, garam, dan bumbu dapur lainnya.

Di kota asalnya, Kediri, setiap malam di sepanjang Jalan Doho akan berjajar puluhan pedagang nasi tumpang. Hal ini tidak jarang membuat daerah ini ramai dikunjugni oleh masyarakat, baik itu penduduk asli Kediri atau wisatawan yang kebetulan ingin ikut mencicipi kelezatan dari nasi yang menjadi primadona Kota Kediri ini.

Untuk harga seporsi nasi tumpang pun tidak dipatok begitu tinggi dan cenderung bisa dijangkau oleh semua kalangan. Harga seporsi nasi biasanya berkisar mulai dari 8 ribu rupiah saja.

Keberadaan nasi tumpang hingga saat ini tentunya tidak terlepas dari jasa para pedagang kuliner yang tetap menjaga citarasa masakan atau dagangannya tersebut.

Kalau kamu sedang berkunjung di daerah Jawa Timur, atau tepatnya Kota Kediri, sempatkan untuk mampir ke Jalan Doho dan cobalah cicipi masakan tradisional khas Kota Kediri ini, rasakan kenikmatannya dibanding dengan kuliner tradisional lainnya. Selamat mencoba.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata Jawa Timur © 2017 Frontier Theme