Wisata Jawa Timur

Eksplorasi Destinasi Wisata Jawa Timur

Pecel Lele Kuliner Khas Lamongan


Pecel Lele: Sajian Khas Lamongan yang Terkenal di Indonesia

Pecel Lele – Kalau mendengar nama pecel, biasanya kebanyakan orang akan menebak apakah yang sedang dibicarakan adalah pecel sayuran atau pecel yang lainnya, tapi untuk sekarang kita akan membicarakan makanan khas Kota Lamongan yang bisa kita jumpai di banyak tempat.

Pecel Lele Lamongan

Ternyata ada fenomena unik dari nama pecel lele ini. Karena terkenal di banyak daerah, ternyata kuliner yang satu ini memiliki sebutannya sendiri-sendiri. Di daerah Yogyakarta, warung yang menyajikan pecel jenis ini biasanya disebut dengan warung penyetan. Pernah juga saya menemukan warung yang menyediakan sajian yang sama di daerah Nusa Tenggara Barat, tepatnya Kota Mataram yang disana sajian kuliner ini disebut dengan lalap.

Meskipun memiliki nama yang berbeda-beda, orang-orang akan setuju dengan kesamaan bentuk warung yang menyajikan sajian kuliner pecel lele, iya, warung tenda dengan gambar ikan lele, ayam, bebek, dan menu lainnya yang ada di spanduknya.

Pecel Lele sendiri dalam penyajiannya berupa ikan lele yang digoreng kering, kemudian disajikan bersama dengan sambal serta sayur-sayuran seperti kubis, kemangi, dan mentimun sebagai lalapannya.

Bagi kebanyakan orang mereka hanya tahu bahwa warung tenda dengan gambar lele itu disebut warung pecel lele, tapi mereka tidak tahu bahwa warung jenis ini, itu berasal dari Lamongan.

Kalau dari sejarahnya, nama pecel sendiri konon berasal dari kata pecek yang berarti dipenyet atau ditumbuk. Dimana ini mengacu pada sambal yang biasanya disajikan dengan cara dipenyet atau dibalur di atas lauk utama. Tidak hanya pecek lele saja, tapi juga ada pecek ayam, pecek telur, pecek terong, dan lainnya.

Ketika kamu mampir di warung pecel lele, biasanya banyak menu yang bisa kamu pilih. Kamu tinggal pilih ingin menggunakan lauk utama apa. Selain digoreng biasanya warung yang menyediakan kuliner ini juga menyajiakan menu lauk yang dibakar, semua tergantung selera kamu. Bahkan beberapa warung kuliner jenis ini kadang juga menyediakan kremes atau tepung yang digoreng dan dijadikan sebagai pelengkap lauk utama yang ada di sepiring pecel plus lele.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata Jawa Timur © 2017 Frontier Theme