Wisata Jawa Timur

Eksplorasi Destinasi Wisata Jawa Timur

Ranu Kumbolo: Danau Cantik Kaki Gunung Semeru

Ranu Kumbolo: Salah Satu Sisi Cantik Gunung Semeru

Ranu Kumbolo – Siapa yang tidak ingin menikmati pemandangan gunung yang indah, udara yang sejuk, plus mendapat bonus sebuah danau air tawar yang bisa membuat kita lupa dengan lelah yang bersarang di kaki.

Ranu Kumbolo : Danau Cantik Kaki Gunung Semeru

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau air tawar yang terletak di Gunung Semeru. Danau ini masih termasuk kawasan daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terletak di Pegunungan Tengger, Gunung Semeru. Kurang lebih 15 hektar danau ini meluas, mengeluarkan pancaran keindahan yang bisa membius setiap penikmatnya.Kalau kamu seorang pecinta alam atau backpacker, tempat ini harus menjadi salah satu lokasi yang ada di dalam bucket list kamu.

Memancing di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo sendiri kerap dipilih menjadi tempat beristirahat para pendaki yang akan menuju ke puncak Mahameru. Mereka akan mendirikan tenda disekitar danau, menanti waktu fajar untuk menikmati keindahan matahari terbit yang mengintip perlahan di celah dua buah bukit hijau, menakjubkan.

Saat malam tiba, gugusan bintang dari galaksi Bima Sakti bisa kita nikmati keindahannya dari sini. Tentunya hal serupa tidak mungkin bisa dilakukan di kota, yang sudah terkena polusi cahay dari lampu-lampu perkotaan.

Kalau kamu ingin berkunjung ke Danau Ranu Kumbolo, kamu tidak boleh bersiap-siap seadanya. Bisa dibilang Gunung Semeru adalah gunung dengan tingkat kesulitan intermediate atau menengah. Salah satu yang mungkin harus kamu waspadai adalah suhu dinginnya. Di saat malam dan suasana cerah saja, di sini bisa mencapai suhu minus 5 derajat. Maka persiapkanlah diri kamu secara ekstra sebelum melakukan perjalanan menuju Ranu Kumbolo.

Sebelum melakukan pendakian menuju ke sana, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di pos Ranu Pani. Hal ini tentunya untuk mendata para pendaki dan juga sebagai persiapan tindakan penyelamatan jika terjadi sesuatu pada para pendaki nantinya. Siapkanlah dokumen berupa fotokopi KTP 3 buah, serta surat keterangan sehat dari dokter. Untuk surat keterangan sehat, kamu bisa melakukan pemeriksaan di Senduro, sebelum berangkat menuju Ranupani.

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo kurang lebih akan menempuh waktu 5 hingga 7 jam. jangan khawatir, kalau kamu lelah di sini ada 4 pos yang bisa kamu pakai sebagia tempat singgah sementara.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata Jawa Timur © 2017 Frontier Theme