Wisata Jawa Timur

Eksplorasi Destinasi Wisata Jawa Timur

Rujak Cingur: Kuliner Khas Surabaya

Rujak Cingur: Kuliner Tradisional Khas Surabaya

Biasanya kalau mendengar kata rujak, pikiran kita akan dibawa menuju campuran buah- buahan yang diberi bumbu kacang yang dibuat dengan cara diuleg dengan cabai dan gula jawa. Tunggu dulu, untuk rujak cingur ini adalah makanan yang bentuknya sama sekali berbeda dengan rujak yang buah yang kamu bayangkan.

Rujak Cingur Khas Surabaya

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional khas dari provinsi Jawa Timur, khususnya daerah Kota Surabaya. Makanan yang satu ini adalah kuliner yang memiliki bahan dasar sangat kaya. Mulai dari mentimun, nanas, kangkung, dan cingur.

Pasti beberapa dari kamu bingung dan bertanya-tanya, apa sih cingur itu? Cingur adalah potongan daging sapi yang diambil dari bagian moncongnya. Beberapa orang akan segera bergidik setelah mengetahui apa itu cingur. Tapi jangan salah, rasa dan tekstur daging tersebutlah yang bisa membuat kamu jadi tergila-gila akan menu kuliner ini.

Tidak hanya cingur saja, bahan lain seperti sayur-sayuran rebus dan buah-buahan juga turut menambah citarasa makanan ini. Karena ada campuran bahan sayur dan buah, maka jelas lah bahwa rujak cingur memiliki kandungan gizi yang sangat baik.

Dalam penyajiannya, rujak cingur disiram menggunakan saus bumbu yang dibuat menggunakan bahan petis udang, gula, cabai , kacang goreng, bawang goreng, garam, dan terkadang dengan irisan kecil pisang klutuk yang masih muda. Setelah itu bumbu tersebut di tumbuk atau di uleg hingga harus dan disiramkan ke atas sayur-sayuran, buah dan cingur yang telah disiapkan.

Rujak cingur sangat populer di Jawa Timur, terutama di Kota Surabaya. Hanya saja ketika kamu ingin mencoba rujak cingur di berbagai kota, biasanya mereka memiliki tata cara penyajian yang berbeda-beda. Bahkan ada yang penyajiannya dengan menyajikan potongan cingur yang masih berbentuk—ada hidung atau moncong sapinya—sebagai bentuk kejujuran bahwa cingur yang digunakan mereka adalah cingur asli, bukan potongan daging dari bagian tubuh sapi yang lainnya.

Kalau kamu main ke daerah Jawa Timur, kuliner ini adalah salah satu yang wajib kamu masukan di bucket list untuk dicoba.

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata Jawa Timur © 2017 Frontier Theme